Sen. Okt 14th, 2019

Al-Ma’shum Mardiyah Terpadu

2 min read
Sambutan Kepala Sekolah
Oleh: Dadang Aliyudin, S.S

Merupakan impian segala kalangan, mendapat pendidikan yang memadukan antara eksak dan non eksak. Ilmu yang berbasis keagamaan dan yang bersifat umum. Termasuk pendidikan yang memadukan antara orientasi kebutuhan duniawi dengan kepentingan ukhrowi.

Dalam segala hal yang bersifat material-duniawi tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki urgensitas tinggi. Baik dalam kesejahteraan hidup, strata sosial, bahkan kehidupan yang ber-keaneka-ragam-an.

Namun selaku orang muslim, selain ranah sosial, hal yang bersifat transidental jauh lebih penting dibanding yang lainnya. Hal ini di karenakan kehidupan orang muslim tujuan hidupnya adalah untuk hal yang akan terjadi setelah hidup. Kehidupan yang benar-benar hidup, tepatnya hal akhirat.

Dari sini, ada dua sisi paradigma yang tidak bisa dilepas oleh seorang pelajar. Ilmu sosial dan ilmu yang bersifat transidental, baik eksak maupun yang lainnya.

Adalah sebuah anugerah besar, siswa yang hidupnya di pesantren. Kesehariannya tidak sebatas menerima transfer of knowlage, melainkan nilai-nilai kehidupan terus ia kaji dan diamalkan bersama teman santri seperjuangannya.

Pesantren terpadu, merupakan jawaban atas kebutuhan masa kini, di mana pelajar tidak hanya mengkaji tentang kepentingan hidupnya di dunia semata, melainkan kebutuhannya di akhirat juga diajarkan.

Sebuah instansi pendidikan dengan pembelajarannya yang tidak serta merta mengedepankan pengetahuan umum, namun pula menekankan pembelajaran yang bersifat keagamaan.

Hal ini bertendensikan pada firman Allah:

وَمِنۡهُم مَّن يَقُولُ رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةٗ وَفِي ٱلۡأٓخِرَةِ حَسَنَةٗ وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ ٢٠١

Yaitu, seorang hamba yang meminta kehidupan yang baik di dunia dan akhirat, tidak memilih hanya salah satu, serta tidak condong pada salah satunya pula.

Selain itu pula, SMP Terpadu Al-Ma’shum Mardiyah selaku salah satu unit yang berada di bawah naungan Yayasan Al-Ma’shum Mardiyah juga memberikan standar kelulusan yang juga meliputi materi pesantren, seperti halnya kewajiban menyelesaikan hafalan juz 1 & 30 sebagai syarat kelulusan.

Dengan ini pula, besar harapan kami untuk terus mencetak generasi yang kuat akidah, ta’at syari’ah, mulia akhlaq, unggul dan terpadu dalam ilmu pengetahuan dan teknoligi, serta aktif dalam berbahasa arab dan inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.